Jumat, 03 September 2010

It's a Girl : All About Aska Zahira Permana's Born Day ~

tadi pagi, sekitar jam setengah 10, aku ditelpon mama. katanya mbak gadis udah melahirkan. finally, IT'S A GIRL !
kata mbak gadis sih, dokter memperkirakan bayinya lahir antara tanggal 4-18 september. tapi tanggal 3 september udah lahir. senengnya, lebaran ada adik bayi lucu.

langsung aja, begitu dikabarin, aku mandi terus berangkat ke rumah sakit Putri di daerah Arief Rachman Hakim.

ngeliat mbak gadis lemes dan cerita mas indra yang menggebu-gebu tentang kelahiran bayinya bikin aku sedikit mbatin, "Gimana aku ntar kalo ngelahirin juga?"
mbak Gadis pas mau ngelahirin
Unfortunately, aku belom bisa liat adeknya. soalnya ruang bayinya cuman dibuka ampe jam 11 siang aja. dan baru dibuka lagi jam 4 sore.
kayaknya baru besok atau lusa, aku bisa liat adek bayinya. kata mbak ui sih bayinya endut terus gempal. padahal sekitar 2 minggu sebelumnya, mbak gadis cerita kalo disuruh banyak-banyak minum degan, soalnya bayinya kecil. *apa hubungannya coba, degan ama bayi yang gede?*

tadi siang, nemenin mas indra nguburin ari-arinya adek bayi juga di halaman depan rumah. katanya mitos jawa sih penting, soalnya ari-ari itu dianggap "saudara kembar" si bayi.

awalnya,
ari-ari dicuci bersih pake sabun dengan air mengalir. mas Indra, selaku ayah bayi, yang melakukan prosesi ini. walaupun sedikit menggerutu karena kurang percaya mitos. di Gombong, Jawa tengah, Kata mas Indra, ari-ari ya tinggal dikubur aja. ga pake sajen-sajenan gini.
Mas Indra lagi nyuci ari-ari adek bayi


Mamaku lagi nyiapin sesajennya
Setelah dicuci bersih, ari-ari ditaruh di kendil yang sebelumnya dikasih butiran garam, terus dikasih bumbu dapur macem kencur, lengkuas, ato apalah itu.. aku nggak bisa mbedain, pokoknya rempah-rempah gitu.. terus di dalem kendil dikasih :
  1. buku kecil *warna pink*,
  2. sisir kecil *warna item*, 
  3. benang-jarum *warna putih*, 
  4. pensil *gambar beruang*,
  5. cermin kecil *warna kuning*
katanya sih maksudnya biar si kecil pinter gitu lah.. *kata mama sih*. setelah itu dikasih garam lagi, bunga, terus ditutup dan dibungkus kain kafan. overall, prosesinya bener-bener mirip kalo kita perlakuin manusia.

ari-arinya sudah diap dikubur!! yess~
setelah itu, tanah di halaman depan rumah pun mulai diurug. prosesnya dilakuin semuanya ama mas indra. padahal lagi puasa lo, salut banget dah ama bapak satu ini. setelah tanahnya cukup dalam, di dalem lubang tanah itu ditaruh lagi garam-garaman. katanya mama, untuk menyerap bau busuk. setelah itu kendilnya ditaruh, ditimbuni garam lagi. terus baru dikuburin pake tanah lagi. setelah itu, timbunan tanah tadi dikasih bunga-bungaan, ditutup keranjang yang atasnya dikasih lampu. *so sweet*
Mas Indra lagi gali tanah. yo gali terosss..

Mas Indra udah mandi, pake baju koko, sarung terus ngedoain ari-ari sebelum dikubur
Dan inilah bentuk kuburan ari-ari!! Cute kan?? ^^
Kata mas Indra, adek bayinya mau dikasih nama "Aska Zahira Permana"
nama yang cute, kayak adek bayinyaaaa..
semoga bisa cepet liat dek Aska...uhhh, ga kebayang lucunya..

Nggak kerasa..
mbak gadis udah ngelahirin..
Aku ama Riza waktu nikahan mbak Gadis -18Desember2009-
padahal pas nikahannya, aku dateng ngajak Riza..
tar kalo Riza pulang, jengukin dek Aska, dek Aska uda gede kali ya..
hehehe..

See u Aska..
>_<

0 Comments:

Posting Komentar

Katakan apa saja yang ingin kau muntahkan dari otakmu, setelah membaca tulisan di atas..